Rabu, 30 Desember 2009

Sekilas Tentang Scilab

PENDAHULUAN

Sekilas mengenai Scilab
Scilab adalah suatu perangkat lunak yang dikembangkan untuk komputasi numerik dan visualisasi data. Pada awalnya Scilab dikembangkan oleh INRIA dan ENPC,Perancis,dan sekarang pengembangan dan pemeliharaan Scilab dilakukan oleh konsorium Scilab. Scilab mempunyai kelebihan dibandingkan dengan Matlab karena bersifat gatis (freeware) dan tersedia untuk berbagai sistem operasi diantaranya seperti Windows,Mac OS/X,Unix dan Linux.

Dasar-dasar penggunaan Scilab
Scilab dapat dijalankan dari menu  Start Scilab –x.y.x dimana x.y.z adalah versi dari Scilab. Cara lain adalah dengan melakukan klik ganda pada ikon Scilab di jendela desktop anda. Setelah itu akan muncul suatu jendela Scilab seperti berikut:



Gambar 1 Jendela Scilab

Keterangan
Simbol - - > yang terdapat pada jendela Scilab merupakan tanda bahwa Scilab siap untuk menerima suatu perintah yang akan kita berikan. Misalkan kita akan melakukan perhitungan yaitu 13+46 maka kita harus menuliskan ekspresi matematika tersebut setelah tombol - - > maka tekan tombol ENTER untuk melakukan eksekusi terhadap ekspresi matematika yang telah kita ketik sebelumnya. Scilab akan menampilkan hasil dari perintah yang telah kita berikan pada baris berikutnya. Hasil perhitungannya dapat diligat digambar 2 berikut ini:




Gambar 2 Hasil perhitungan perintah matematika

Setelah selesai melakukan perhitungan atau mengerjakan suatu perintah ang kita berikan maka Scilab akan kembali menampilkan tanda symbol - - >. Hal ini sebagai tanda bahwa Scilab telah siap untuk melakukan perintah yang lain.

Scilab juga dilengkapi dengan sistem bantuan (help),untuk melihat sistem bantuan (help).caranya ketik help pada symbol - - > help lalu tekan tombol ENTER. Pada jendela bantuan kita dapat memperoleh penjelasan yang detail mengenai suatu fungsi atau operator tertentu. Maka akan muncul jendela bantuan (help) seperti pada Gambar 3 berikut ini:



Gambar 3 Jendela bantuan (help)
Untuk mengakhiri penggunaan Scilab,gunakan menu File  Exit atau dengan menekan tanda yang terdapat pada bagian kanan atas jendela Scilab.

Variabel dan Ekpresi
Variabel adalah sebuah nama yang digunakan untuk menyimpan nilai suatu obyek.
Notasi statemen penugasan adalah sebagai berikut:

x = ekspresi
dimana x adalah nama variabel dan ekspresi adalah suatu ekspresi matematika. Nama
variabel di dalam Scilab adalah bersifat sensitif terhadap ukuran huruf, sehingga xawal dan Xawal adalah dua buah variabel yang berbeda. Selain variabel-variabel yang dapat kita buat sendiri, di dalam Scilab telah terpasang beberapa variabel khusus yang menyatakan suatu konstanta matematika, seperti %pi untuk = 3.1415927... , %i untuk i = 1 serta %e untuk e = 2.7182818... . Nilai dari suatu ekspresi yang kita masukkan akan ditampilkan pada baris berikutnya, kecuali jika pada akhir ekpresi tersebut kita tambahkan tanda titik koma (;). Apabila kita mempunyai suatu ekspresi yang cukup panjang dan tidak cukup untuk ditulis pada satu baris, maka kita harus menggunakan tanda titik tiga (…) pada akhir ekspresi, sebagai tanda bahwa ekspresi bersambung pada baris berikutnya. Untuk memperjelas perintah yang kita masukkan kita dapat menambahkan suatu baris komentar. Baris komentar dibuat dengan menggunakan tanda //. Segala sesuatu di belakang tanda tersebut akan diabaikan oleh Scilab. Baris komentar dapat ditulis pada suatu baris tersendiri atau di belakang suatu ekspresi.




Ruang Kerja
Variabel-variabel yang telah kita buat akan disimpan oleh Scilab dalam ruang kerja.
Untuk melihat nama-nama variabel yang telah dibuat, gunakan perintah who.
-->who


Terlihat bahwa perintah who, selain menampilkan variabel-variabel yang telah kita buat,
juga menampilkan variabel-variabel yang telah terpasang pada Scilab.
Untuk menghapus suatu variabel, gunakan perintah clear.
-->clear luas tinggi // menghapus variabel luas dan tinggi
-->clear // menghapus semua variabel yang telah kita buat

Operator-operator dan Fungsi-fungsi Matematika
Operator-operator untuk perhitungan aritmatika adalah sama dengan operator-operator
yang terdapat pada kalkulator atau perangkat lunak lainnya yaitu +, -, *, / dan ^. Dimana tanda-tanda tersebut masing-masing adalah simbol untuk operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian serta pemangkatan. Di dalam Scilab juga telah terpasang sejumlah fungsi-fungsi yang diperlukan dalam perhitungan matematika, seperti sqrt, abs, exp, sin, cos, tan dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah contoh-contoh perhitungan matematika.


































PEMBAHASAN APLIKASI



Fungsi –fungsi tersebut digunakan untuk menganalisa suhu seseorang apakah mengalami sakit Hyporthermia. Hyporthermia itu sendiri adalah penurunan suhu tubuh (kedingingan) dari suhu normal, dan apabila kalau tidak cepat mengatasi situasi tersebut di gunung bisa berakibat fatal.














Kelebihan dan kekurangan Scilab

Kelebihan
 Mudah sekali digunakan
 Operasi aritmatik dan beberapa fungsi lainnya dapat langsung diperoleh hasilnya
 Pengerjaaan dapat dilakukan di 2 frame scilab yaitu di Scipad maupun di console
Namun console sering kali digunakan untuk melakukan proses kompiliasi program.

Kekurangan

 Tidak dapat mendefinisikan dan melakukan pemanggilan fungsi tertentu misalnya untuk variabel fungsi utama maupun lokal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar